Blog komunitas Arsitektur Universitas Gunadarma

 
May 29th, 2008

Kenaikan suhu udara yang cukup tinggi yang diakibatkan oleh ulah manusia dalam beraktifitas untuk memenuhi segala kebutuhannya tanpa memperdulikan lingkungan adalah suatu hal yang sangat disayangkan.

Beberapa hal yang akibat adanya perunagan suhu dan cuaca diseluruh dunia antara lain adalah:

a. menimbulkan berbagai penyakit yang membahayakan.

b. Dengan suhu udara yang tinggi ada beberapa jenis tanaman yang punah begitu pula deng beberapa jenis hewan yang akan punah diantaranya hewan hewan yang tinggal dikutub utara.

c. Pencairan Gunung Es akibat suhu yang tinggi

d. Tenggelamnya beberapa pulau didunia akibat pencairan gunung es di kutub utara.

dan masih banyak lagi hal- hal yang dapat terjadi jika pemanasn global ini tidak segera diperbaiki dan dihentikan.

Marilah kita bersama peduli terhadap lingkungan kita masing-masing, dengan begitu kita berarti telah membuktikan bahwea kita peduli dan ikut berpartisipasi dalam mencegah global warming yang lebih dahsyat lagI. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan mulai dari hal yang sederhana atau yang biasa kita lakukan di rumah dan lingkungan misalnya:

1. Pengurangan penggunaan AC untuk ruang kamar pada siang hari.

2. Hemat energi yang dapat menyebabkan pemborosan  dan pengrusakan terhadap lingkungan, misalnya tidak menggunakan mobil disaat jam padat dan macet.

3.  Menghindari penggunaan alat-alat atau obat-obat kecantikan yang dapat mempengaruhi lingkungan, seperti hairspray ,dll.

Demikianlah semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Amien….

2 Responses to “Global Warming”

  1. Yudi Nugraha Says:

    Iklim tropis tidak perlu AC ok
    http://www.d-eyeview.com

  2. red Says:

    saya aga skeptis dengan tren dan issue global warming ini, apalagi arsitek dituntut untuk apply green architecture. beberapa jurnal yang saya baca global warming ini masih dalam tahap yang wajar, dan merupakan bagian dari siklus iklim planet bumi. negara-negara berkembang masih sangat butuh asupan energi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil tentunya.

Leave a Reply

Security Code: