Blog komunitas Arsitektur Universitas Gunadarma

I. LATAR BELAKANG

Perubahan suhu global secara perlahan akan merubah sifat alam, terutama pengaruh terhadap perlaku manusia. Manusia sudah mulai kegerahan dalam hidupnya dan mulai kesulitan mencari tempat bekerja dan istirahat. Energi panas tubuh yang dikeluarkan akan semakin meningkat karena panas udara yang meningkat pula. Manusia dapat tertekan jiwanya karena kegerahan yang menerus akibat dari panasnya iklim yang cenderung naik terutama di kota-kota besar di Indonesia.

Orang mulai berfikir untuk merubah tempat bekerja dan bertempat tinggal sehingga didapatkan kenyamanan yang sesuai kehendaknya. Para Arsitek dan perancang kota perlu berbekal tidak hanya dengan wawasan lingkungan tetapi perlu memiliki dorongan moral untuk memiliki sikap tanggap terhadap lingkungan secara berkelamjutan dalam menciptakan ide arsitektur dan manifestasinya dalam desain bangunan maupun kota.

Dalam kaitannya dengan kenaikan suhu global, arsitektur memberikan sumbangan besar dalam menaikkan iklim mikro terutama perkotaan. Kenaikan iklim mikro disebabkan oleh panas yang dipancarkan oleh bangunan dan jalan beserta perlengkapan bangunan yang mempergunakan energi panas dan listrik juga pemantulan panas matahari yang mengenai material bangunan berupa dinding dan kaca serta material perkerasan jalan.

Penyelasasian desain arsitektur diperkotaan dengan mempergunakan material yang memantulkan panas cenderung tidak ramah kepada lingkungan. Desain tersebut berpotensi menciptakan kekacauan klimat. Massa bangunan (terutamabangunan tinggi) di kawasan perkotaan di desain berdiri sendiri-sendiri, akibatnya terjadi saling memantulkan panas antar massa bangunan, serta mengacaukan system pembayangan.

Dampak pemanasan global masih diacuhkan para arsitek, mereka masih percaya pada keunggulan desain arsitektur yang berkonteks teknologi dan anti natural. Kiranya isu-isu dampak pemanasan global (Global warning) menjadi isu central yang layak diperhatikan para arsitek dan perancang kota betapa pentingnya desain arsitektur perkotaan yang ramah lingkungan dalam mewujudkan kota tropis yang berkelanjutan. Dan dampak perubahan iklim global perlu didefinisikan kembali dalam kriteria desain arsitektur bangunan dan perkotaan. Lomba desain iklan lingkungan ini diharapkan memuat mengenai isu-isu atau hal yang diulas diatas.

II. PENJELASAN UMUM LOMBA DESAIN

2.1 Pengantar

Berkaitan dengan hal diatas dan Sehubungan dengan kegiatan UG ICT AWARD 2008 yang diadakan oleh Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Gunadarma maka diadakan kegiatan desain lomba iklan yang bertema ”Lingkungan Perkotaan Yang Sehat dan Nyaman” . Adapun tema tersebut diangkat untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan pada generasi baru. Kami mengharapkan adanya ide-ide kreatif yang selama ini terpendam dapat dikemukan dalam bentuk karya yang positif dan berguna bagi lingkungan .

2.2 Maksud dan Tujuan Lomba Desain Iklan

Dengan diadakannya desain lomba iklan ini siswa maupun masyarakat diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan bakat yang ada untuk menjadi sesuatu yang berguna.

Melalui lomba desain iklan ini diharapkan kepada peserta agar dapat menciptakan karya –karya yang dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat akan pentingnya peduli lingkungan yang sehat dan nyaman. Dan dengan begitu diharapkan pula dapat menumbuhkan dan mengembangkan karya-karya desain iklan yang lebih baik lagi.

III. LOMBA DESAIN IKLAN

3.1 Obyek Lomba Desain Iklan

Obyek lomba desain iklan adalah ajakan kepada masyarakat untuk menjaga dan menciptakan lingkungan perkotaan yang sehat dan nyaman, ditengah-tengah adanya isu global warning yang saat ini sedang terjadi.

3.2 Kriteria Peserta dan Ketentuan Umum

1. Lomba terbuka untuk siswa/i SMU dan SMK

2. Peserta adalah perorangan dan maksimal 2 siswa/i dari setiap sekolah

3. Satu Formulir pendaftaran hanya untuk 1 peserta atau siswa

4. Karya – karya desain iklan menjadi hak panitia sepenuhnya.

3.3 Ketentuan Lomba Dan Teknis Penyajian

1. Karya harus sesuai dengan tema desain yaitu ” Lingkungan yang Sehat dan Nyaman” .

2. Karya desain dikerjakan dengan menggunakan software powerpoint, corel draw, flash, 3D max dll.

3. Pembuatan karya dilakukan oleh siswa/i ditempat atau di Kampus D gedung 4 lantai 5 Universitas Gunadarma

4. Ide desain merupakan ide original bukan merupakan jiplakan dari yang telah ada.

5. Setiap peserta membuat satu karya desain yang berbeda dari peserta lainnya.

3.4 Panitia, Dewan Juri dan Keputusan

1. Dewan Juri terdiri dari:

    • Raziq Hasan, Ir., MT. Arsitek, Ketua Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Gunadarma
    • Yonav Partana, ST, MSc. Arsitek
    • Yudi Nugraha Bahar, ST., MT, Arsitek

2. Panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga atas suatu karya

3. Panitia tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan file desain yang mungkin terjadi pada saat proses penyimpanan file desain iklan dan setelahnya.

4. Panitia berhak membatalkan kemenangan peserta apabila peserta terbukti melakukan kecurangan dalam lomba.

5. Hasil keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat.

IV. TAHAP-TAHAP LOMBA DESAIN IKLAN

Pendaftaran Peserta

· Peserta yang berminat mengikuti lomba desain wajib mengisi formulir yang terlampir dileaflet dan satu formulir untuk satu peserta lomba desain iklan.

· Pengembalian formulir dapat melaluii fax di pada no. 021- 78881071 dan paling lambat dikembalikan pada saat pendaftaran ulang atau penjelasan TOR dan setiap peserta akan mendapatkan nomor peserta jika telah mendaftar ulang dan biaya pendaftaran dapat ditransfer ke no. rekening ……………atau membayar langsung pada saat penjelasan TOR.

TAHAP-TAHAP KEGIATAN LOMBA

· Pengisian dan pengembalian formulir dan pembayaran biaya pendaftaran

· Proses Desain Iklan

· Penjurian – Pengumuman Pemenang

· Penyerahan Hadiah – pameran hasil karya

JADWAL KEGIATAN LOMBA

· Pendaftaran mulai tanggal 12- 23 Mei 2008

· Batas Akhir pengembalian formulir dan biaya pendaftaran pada tanggal 23 Mei 2008 atau pada saat penjelasan TOR

· Pengumuman pemenang dan pameran hasil karya Lomba desain iklan pada tanggal 28 Mei 2008.

PENGHARGAAN

Dari seluruh desain yang ada akan dipilih 3 (tiga) yang dianggap tebaik menurut kriteria penjurian Ketiga pemenang akan mendapatkan masing-masing:

Juara I Rp. 2.000.000

Juara II Rp. 1.500.000

Juara III Rp 1.000.000

V. LAIN-LAIN

· Peserta yang berminat dapat memperoleh informasi pada sekretariat Kampus D gedung 5 lantai 4 Universitas Gunadarma telp. 021- 78881122 fax 021- 78881133

· Informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia;

Nuryuliani, Skom, MM. Telp. 021-78881073

Veronika Widi P. S. Ir., MT Telp. 021- 68293995

Rehulina Apriyanti, ST., MT Telp. 0819-05606280

· Pameran hasil karya lomba desain iklan diadakan di Kampus D gedung 4 lantai 6 Universitas Gunadarma pada tanggal 28 Mei 2008.

2 Responses to “DESAIN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT LINGKUNGAN PERKOTAAN YANG SEHAT DAN NYAMAN”

  1. online Says:

    apa yang saya cari, terima kasih

  2. tiyangatmojo Says:

    Salam kenal,,semoga bermanfaat buat para pembaca,salam

Leave a Reply

Security Code: