Blog komunitas Arsitektur Universitas Gunadarma

 
November 29th, 2012

Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia sekaligus merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan. Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu.

Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura. Selain objek wisata , Bali memiliki ciri khas pada design bangunan rumahnya adatnya.

Keindahan arsitektur bangunan rumah adat Bali berbeda dengan rumah adat lain, sehingga tidak bisa dibandingkan secara khusus antar bangunan. Rumah adat Bali terdapat ornamen–ornamen khusus yang dapat memunculkan keindahan tersendiri berupa ukiran-ukiran dan patung-patung serta kombinasi pemberian warna . Saat ini tak hanya orang Bali atau Indonesia saja yang suka akan design tersebut, orang asing pun menyukainya.

Pembuatan design pada rumah adat bali tidak sembarang orang yang dapat melakukannya, karena di lihat dari struktur motif sangat ruit sekali. Sehingga anda perlu menyewa orang khusus untuk mengerjakan pembuatan rumah adat bali . Telah banyak orang yang menawarkan jasa pembangunan arsitek bangunan adat bali di internet.

Dalam membangun rumah adat bali harus bisa melengkapi sebuah aspek-aspek yang dipercayai dapat tercipta hubungan harmonis yaitu Tri Hita Karana ( pawongan , palemahan, parahyangan) . Dilihat secra kasap mata memang sederhana namun dalam pembangunan rumah adat bali terdapat peraturan yang disebut Asta Kosala Kosali .

Link Blog Pribadi: http://andarys.blogspot.com/2012/11/how-beautiful-balis-tradition-is.html

Tags:

Leave a Reply

Security Code: