Blog komunitas Arsitektur Universitas Gunadarma

 
December 14th, 2009

Ke Taman Yuk? Masih ada toh taman di Jakarta? Ya itulah anggapan masyarakat Jakarta mengenai taman yang ada di Jakarta.

Taman kota yang ada saat ini sudah beda fungsi nya, salah satu nya taman di jadikan lapangan bola, banyak tumpukan sampah di susut taman,malah ada salah satu taman sebagai lapak tempat pemulung. Sadis memang, salah siapa kalo sudah terjadi seperti itu?

Coba kita hitung saja berapa banyak taman yang masih layak di pandang dan di gunakan? Menarik bukan hasil nya? Di lihat dari nilai arsitekture nya taman – taman yang ada di Jakarta masih minim nilai artistik nya, sehingga masyarakat Jakarta mending milih ke mall daripada ke taman, padahal kita tahu taman itu selain merupakan elemen estetika ruang kota, juga berfungsi sebagai elemen ekologi kota.
Lihat design taman Ismail Marzuki ini, kalo saja salah satu taman di design semenarik mungkin dengan nilai arsitekture yang baik dan multifungsi, berapa banyak pengunjung yang datang menghampiri nya. Tapi perlu di ingat dalam membangun sebuah arsitekture yang baik harus memperhatikan aspek lain sehingga harus di rencanakan dengan matang baik dan sesuai, sehingga keseimbangan tata kota tetap terjaga dengan baik.

Di lihat dari bentuk dan arsitektur nya memang sebagian taman di Jakarta, Keberadaan Taman Ismail Marzuki yang di dedikasikan sebagai tempat seni yang usianya sudah  tua. Pemerintah dan Institute arsitektur Indonesia DKI Jakarta mengadakan pertandingan sebagai bentuk untuk memperbaharui dan mengubahnya ke dalam tempat umum dan waduk hijau yang cemerlang. Inilah design Taman Ismail Marzuki sebagai Jakarta Future Plan.

Ini adalah design jembatan Taman Ismail Marzuki,dengan tidak mengurangi fungsi awal nya jembatan didesain sebagai wadah dipakai untuk mengurangi pembangunan luas di area taman, dipergunakan untuk memberi begitu banyak fungsi ,tak hanya dari gedung yang sudah ada sebelumnya, tetapi juga fungsi yang akan di adakan di masa yang akan datang.

2 Responses to “Artistiknya Taman ku”

  1. Ivan Says:

    taman yang indah,…..mantab
    kapan kotaku seperti ini ya…

  2. Ivan Says:

    taman yang indah,…..mantab
    kapan kotaku seperti ini ya…

Leave a Reply

Security Code: