Blog komunitas Arsitektur Universitas Gunadarma

Archive for the ‘ Sejarah dan Teori Arsitektur ’ Category

 
Monday, October 20th, 2014

Secara tidak langsung pekerjaan senagai seorang arsitek adalah pekerjaan yang mau tak mau harus berhadapan langsung dengan lingkungan, tentu saja pekerjaan yg berhdapan langsung dengan lingkungan ini hanya memiliki dua kemingkinan memperbaiki atau justru malah merusak. Itulah mengapa pekerjaan arsitek ini mnjadi salah satu penyebab kerusakan alam dan lingkungan. Sebelum membahas lebih kompleks dan jauh ada baiknya kita mengenal apa itu lingkunngan, lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

(more…)

 
Monday, October 20th, 2014

Jika di mesir memiliki piramida kita juga punya Borobudur, jika di eropa banyak rumah serba mewah  dan minimalis kita punya rumah adat yang super praktis dan naturalis, soal daya tahan, fungsi dan kekuatan, bangunan asli nenek moyang kita berani kok diadu, soal estetikanya bagaimana ? coba tengok yg satu ini deh.

(more…)

 
Thursday, November 29th, 2012

Rumah Adat Nias mungkin kebanyakkan dari kita khususnya orang Indonesia yang kurang mengenali akan kekayaan budayanya sendiri, Akan sangat merasa asing dengan kata “OMO HADA”. Ya Omo Hada adalah sebutan untuk Rumah Adat Nias Utara, umumnya yang kita tau tentang apa adat atau kebudayaan dari Nias adalah Lompat Batu, padahal Nias memiliki rumah adat dengan karateristik dan arsitektur yang sangat mengagumkan.

(more…)