Blog komunitas Arsitektur Universitas Gunadarma

Archive for the ‘ Tak Berkategori ’ Category

 
Thursday, November 29th, 2012

Rumah Adat Nias mungkin kebanyakkan dari kita khususnya orang Indonesia yang kurang mengenali akan kekayaan budayanya sendiri, Akan sangat merasa asing dengan kata “OMO HADA”. Ya Omo Hada adalah sebutan untuk Rumah Adat Nias Utara, umumnya yang kita tau tentang apa adat atau kebudayaan dari Nias adalah Lompat Batu, padahal Nias memiliki rumah adat dengan karateristik dan arsitektur yang sangat mengagumkan.

(more…)

 
Thursday, December 10th, 2009

Wajah tata kota Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan tata kota di negara lain, misalnya saja negara yang tidak lebih besar dari kota Jakarta yaitu Singapura. Setidaknya ini yang saya terima pada saat mata kuliah Pengantar Ilmu Lingkungan oleh Ir. Arief Rahman, MT. Beliau adalah lulusan arsitektur yang saat ini menjadi Kepala Lembaga Pengembangan FTSP. Beliau memberikan wawasan mengenai arsitektur dan tata kota kaitannya dengan citra sebuah ibu kota dari beberapa negara seperti Singapura, Hongkong, Amerika Serikat dan Malaysia.

(more…)

 
Thursday, May 29th, 2008

PEMANASAN BUMI

(more…)

 
Thursday, May 29th, 2008

(more…)

 
Thursday, May 29th, 2008
Komposisi titik dapat dibentuk
dengan cara :
a.Membentuk suatu obyek dengan penyelesaian akhir menggunakan titik dengan mengatur besar kecil dan jarak titik.
b.Menggabungkan beberapa bentuk titik dalam satu design.
c.Membuat suatu pola design

 
Thursday, May 29th, 2008

(more…)

 
Thursday, May 29th, 2008

Taman selain berfungsi untuk mendukung/memperindah bangunan juga untuk kenyamanan penghuni rumah.

(more…)

 
Thursday, May 29th, 2008

Rumah minimalis memiliki pesan terhadap mata pengamat memiliki kemudahan secara garis dan bentuk, sehingga  mudah di pahami baik bentuk maupun fungsi, namun sering ditemukan rumah  dengan bentuk yang mudah di pahami 0leh  mata ini hanya cenderung  menampilkan dan menonjolkan nilai estetis saja tanpa  berfikir  fungsional. hampir semua tampilan fasad bagunan selalu mencerminkan aktifitas kegiatan di dalamnya. dari pernyataaan ini tentu bentuk minimalis  yang di dominasi garis horisontal dan vertikal dengan memperbanyak perulangan  tentu harus memiliki fungsi terhadap aktifitas di dalamnya. gaya minimalis ini sedikit banyak cukup memiliki ke unggulan jika di kaitkan dengan  lokasi yang tropis karena banyak perulangan garis dapat menjadi media skyligth dan angin.

 
Thursday, May 29th, 2008

Ini Gambar yang juara desain mahasiswa :

 
Thursday, May 29th, 2008